Halaman

Senin, 29 Oktober 2012

saya bahagia, banget! [serial pascakampus #1]

Well, daripada capek jawabin pertanyaan mahasiswa tingkat akhir dan akhir (banget) yang lagi galau-galaunya tentang dunia pascakampus, mending sekalian buat serialnya aja deh. Biar yang nanya tinggal baca, biar jawabnya enggak satu-satu. :D

Serial pasca kampus akan banyak cerita tentang dunia pasca kampus, entah itu dunia kerja atau dunia rumhtangga. Bisa fiksi, non-fiksi atau gabungan kedunya. Bisa dari pengalaman sendiri atau orang lain. Bisa tulisan sendiri atau tulisannya orang lain juga.

Untuk seri perdana kali ini, diambil dari tulisannya Nayasari Aissa, pengalaman pribadinya tentang passion dan pilihan hidup. Happy reading. Semoga bermanfaat buat yang baca dan istiqomah buat yang posting. :)

(Nazrul Anwar)


****


Kenapa sih manusia harus kerja? Mungkin, sebagian besar orang pasti akan menjawab buat menghidupi dirinya. Kemarin ibu saya pas nelpon bilang gini,

‘Semoga cepet dapet kerja yah nanti, kata temen-temen ibu masak udah kuliah di tempat bagus malah ga kerja.’

Pas denger ibu saya ngomong gini, saya cuman senyum-senyum doang. Ibu saya curhat, abis diledekkin temen-temen pengajiannya. Tapi, Ibu saya itu memang sebenarnya dia pengen punya anak wanita karir dan gaji besar. Mungkin, soalnya dari kecil hidup saya udah berkecukupan, jadi ga rela ajah kalo suatu saat nanti saya cuman jadi guru TK. Anak yang kerja di kantoran itu hal yang presitisius di antara obrolan ibu-ibu. Hahahaha.

Saya sendiri cuman pengen ngabisin hidup saya buat jadi ibu rumah tangga, ngurus anak, jadi penjaga perpustakaan dan jadi guru ngaji atau bikin tempat belajar buat anak-anak di lingkungan rumah saya kalo saya nikah nanti. Makanya, sebenernya orangtua saya pengen banget saya ambil kuliah bisnis, biar setelah lulus S2 ga repot cari kerja, karena peluang kerjanya luas banget.

Padahal menurut saya itu lah pekerjaan masa depan yang saya idam-idamkan suatu saat nanti. Toh, sama-sama juga bekerja, menjadi ibu rumah tangga juga termasuk pekerjaan, hanya saja kantornya rumah, dan pakaian kerjanya adalah daster.

Saya udah paham banget kalo zaman sekarang ini, pekerjaan itu selalu diidentikkan dengan kerja di kantoran, gaji besar, tunjangan gede, perusahaan multinasional, hingga karir menjulang. Padahal kerja itu, yah, kalo menurut saya, yah sesuai dengan bidang ilmu kita dan sesuai dengan passion kita. Gaji gede, dsb, dsb, itu bonus ajah. Lagian, kesuksesan seseorang itu ga bisa diukur dengan gaji gede yang di terima tiap bulan.

Temen saya pernah dilarang ibunya ngajar di sekolah, tempat saya mengajar sekarang. Alasannya, sederhana, temen saya lulusan ITB, dan ga pantes cuman jadi guru TK. Padahal, temen saya itu bahagia banget pas lagi ngajar.

Saya ga munafik, saya juga pengen kok dapet gaji gede, uang banyak kayak temen-temen saya yang udah kerja sekarang, tapi kalo itu ga sejalan sama passion saya, ilmu dari pendidikan yang sudah saya tempuh, kenapa saya harus ngotot.

Beberapa hari yang lalu, saya ngobrol bareng orang, terus dia ngerasa prihatin liat orang yang kerja-keras-banting-tulang, senin sampai minggu, dari pagi ke pagi lagi. Iyah duit dia jadi banyak, tapi kadang-kadang saya mikir orang-orang itu bahagia ga sih. Saya tuh sering banget liat temen-temen saya ngeluh, capek kerja, kerjaan numpuk, dsb, dsb.

Saya bahkan ga dibayar di TK tempat saya ngajar, tapi saya bahagia banget. Saya juga ngajar di tempat bimbel, dan gajinya ga seberapa kalo dibandingin temen-temen saya yang udah kerja dengan gaji jutaan bahkan belasan juta, tapi saya bahagia tiap hari bisa berbagi ilmu. Toh, saya masih hidup, masih bisa makan, walau ga bisa hedon, ga bisa belanja terus-terusan kayak temen-temen saya. Tapi saya bahagia, banget.

Akhirnya saya bilang ke ibu saya,

‘Apapun yang aku kerjain suatu saat nanti, itu yang baik buat aku, kehidupan aku, dan agama aku. Ga usah dengerin kata oranglah.’

Semoga suatu saat nanti semua orang ga mengukur kesuksesan dari gaji yang kita terima tiap bulannya.

Tidak ada komentar: